Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

BPSDMD Gelar Diklat SPIP Eselon IV Angkatan I Tahun 2019

Berita dan Informasi | 12 Maret 2019

BANJARBARU – BPSDM Daerah Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar Diklat Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Eselon IV Angkatan I Tahun 2019.

Diikuti 30 pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, pembukaan SPIP dibuka langsung oleh Kepala BPSDMD Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP pada Senin (25/2).

Dihadiri pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel dan widyaiswara di BPSDMD, dalam pembukaan diklat itu Kepala BPSDMD membacakan sambutan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

“ Insya Allah, Diklat SPIP ini akan memantangkan kemampuan kita dalam menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan akuntabel,” begitu pesan gubernur dalam sambutannya.

Gubernur juga menekankan, upaya mencapai pemerintahan yang baik dan akuntabel, sudah menjadi komitmen Pemprov Kalsel dalam mewujudkan sebagaimana misi kedua RPJMD 2016-2021. Yakni, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional dan berorientasi pada pelayanan publik.

Selain, gubernur juga menyampaikan SPIP penting dipahami dan dilaksanakan secara bersungguh-sungguh dan berjenjang mulai dari pejabat Eselon II, III dan IV.  Dimana, unsur strategis dalam kaitan penerapan SPIP dalam penyelenggaraan pemerintah yang perlu diperhatikan adalah perencanaan, pengelolaan kepegawaian, pengelolaan keuangan dan kegiatan pengawasan.

“Saya minta, para pejabat Eselon IV mampu menerapkan SPIP sesuai koridor yang berlaku. Menertibkan dan memperbaiki semua aspek yang menjadi tugas organisasi , sehingga dapat meningkatkan kinerja pemerintahan di daerah,” ungkap gubernur.

Pada kesempatan itu, gubernur juga berharap dimana pun posisi sebagai sistem pengendalian intern pemerintah, baik sebagai perencanan, pelaksanan maupun pengawasan, tentu menjadi kewajiban kita bersama untuk memastikan SPIP itu bisa berfungsi secara ideal, meskipun tugas sebagai pelaksana, perencana, apalagi pengawasan yang diemban oleh inspektorat semakin berat.

Diklat SPIP Eselon IV Angkatan I Tahun 2019 ini digelar mulai tanggal 25 Februari s.d 1 Maret 2019. Narasumber yang dihadirkan selain Sekda Provinsi Kalsel, juga ada perwakilan dari BPKP Wilayah Kalsel. (mul)

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya