Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

BPSDMD Kalsel Buka Diklat Fungsional Pranata Komputer di Lingkungan Pemprov Kalsel

Berita dan Informasi | 22 November 2021

 

 

BANJARBARU – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalsel menggelar Diklat Fungsional Pratana Komputer di lingkungan Pemprov Kalsel yang dibuka Senin (22/11).

Bertempat di Aula Kampus I Jl. Panglima Batur Timur Banjarbaru, Diklat Fungsional Pranata Komputer ini diikuti 30 ASN dari lingkup dinas/badan di Pemprov Kalsel.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala BPSDMD Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP mengungkapkan, saat ini sudah merasakan kebutuhan sektor pemerintahan dan pelayanan pbulik terhadap teknologi informasi semakin tinggi. Terlebih situasi pandemi, juga membuat dependensi terhadap teknologi informasi dan komunikasi juga semakin tinggi.

Dengan kondisi itu, tentu kedepan perlu meningkatkan kesiapan, terutama pemerintah daerah dalam menata, merencanakan dan mengembangkan kapasitas sarana prasarana teknologi informasi dan komunikasi. Pemprov Kalsel pun terus berupaya menciptakan inovasi-inovasi di bidang teknologi informasi yang mempercepat dan memperluas akses pelayanan publik. Selain insfraktruktur, sarana prasarana, hardware maupun softwarenya yang tidak boleh dilupakan adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Gubernur juga menyampaikan, Pemprov Kalsel membutuhkan SDM yang handal untuk mencapai keunggulan kompetitif di berbagai penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan. Apalagi jika dihadapkan berbagai dinamika yang terjadi di tengah masyarakat dan jika kondisi kebutuhan SDM aparatur dihadapkan pada perubahan yang begitu cepat, tentu urgensi SDM di bidang teknologi informasi sangatlah tinggi.

“Pelatihan fungsional pranata komputer ini merupakan pelatihan fungsional yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap pegawai dalam memenuhi konsep, teknik dan aplikasi teknologi informasi serta mengoperasikan system informasi berbasis computer di lingkungan Pemprov Kalsel,” pesan gubernur.

Selain itu, jabatan pranata komputer sangatlah penting karena seorang pejabat fungsional pranata komputer mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggungjawab, wewenang dan hak untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan pengembangan sistem teknologi informasi berbasis computer.

Diklat Fungsional Pranata Komputer ini diselenggarakan pada 22 Nopember s.d 7 Desember 2021 dengan metode blended learning. Yakni, proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas dan proses pembelajaran secara daring melalui 2 (dua) bagian pembelajaran klasikal dan distance learning yang merupakan bentuk pembelajaran kolaboratif yang dilaksanakan melalui e-learning.

Tenaga pengajar berasal dari Pusdiklat Badan Pusat Statistik, Tenaga Teknis dari Dinas Kominfo Pemprov Kalsel serta widyaiswara BPSDMD Provinsi Kalsel. (mul)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya