Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

BPSDMD Kalsel ; “Mengembangkan SDM yang Cerdas dengan Kampus Ramah Lingkungan”

Berita dan Informasi | 01 Mei 2018

“Mengembangkan SDM yang Cerdas dengan Kampus Ramah Lingkungan”

Bisakan Anda membayangkan menempuh pendidikan di tempat yang nyaman, fasilitas yang lengkap serta suasana lingkungan yang nyaman? Jawabannya bisa anda temui di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalimantan Selatan. Seperti apakah kondisinya sekarang? Berikut catatannya.

SESUAI dengan tugas pokok fungsinya untuk mendidik Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang membawahi Pemerintah Kabupaten/Kota, keberadaan BPSDM Daerah Provinsi Kalsel terus berkembang pesat. Seiring dengan visi Pemerintah Provinsi Kalsel yakni  “Kalsel  Mapan (Mandiri dan Terdepan) Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Berdikari dan Berdaya Saing”, peran BPSDMD sangat penting untuk mewujudkannya yang diharapkan Gubernur Kalsel, Paman Birin. Terlebih dalam misi yang sering didengungkan Paman Birin, dalam poin 1 (satu) jelas tertulis  “Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Agamis, Sehat, Cerdas dan Terampil”.

Sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat), BPSDMD Provinsi Kalsel dari segi infranstruktur gedung dan kampus sudah cukup baik.  Memiliki 2 kampus yakni, pertama berlokasi di Jalan Panglima Batur Timur Banjarbaru yang selain sebagai kantor  juga memiliki puluhan ruang kelas belajar maupun asrama bagi peserta diklat. Dimana, menampung 160 peserta diklat dan dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana penunjang lainnya. Mulai dari sarana olahraga, taman, jaringan internet wifi, tempat ibadah serta sarana penunjang lainnya.  Kedua, kampus yang terletak di Jalan Ambulung Banjarbaru Selatan. Selain ada ruang kelas dan aula, juga terdapat asrama peserta diklat yang mampu menampung 160 peserta atau 80 kamar tidur.

“Alhamdulilah, suasana kantor dan kampus BPSDM ini terasa nyaman dengan lingkungan yang hijau. Kondisi ini tentu mematahkan anggapan kalau masuk diklat ini terasa was-was dan takut, sekarang tidak. Masuk diklat nyaman, enjoy dan santai dengan berbagai fasilitas yang lengkap,” ungkap Drs H. Muhammad Nispuani, M. AP, Kepala BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan.

Menariknya lagi, tambah Nispuani, sejak tahun 2017 hingga 2018 ini, BPSDMD terus melakukan pengembangan berbagai sarana dan prasarana yang ada. Lihat saja, baik di kampus 1 dan kampus 2, di berbagai sudut kantor dan kampus banyak  terlihat taman dan gazebo tempat santai peserta. Suasana sejuk dan hijau ini pun selaras dengan gerakan revolusi hijau yang dicanangkan Gubernur Paman Birin. (*)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya