Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan Gelar Uji Kompetensi dan Sertifikasi P2UPD

Berita dan Informasi | 30 Oktober 2018

Diikuti 71 Peserta dari Kalsel, Jawa Tengah, Jogjakarta hingga Sulsel

BANJARBARU – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah (P2UPD) pada Senin (29/10).

Pada pelaksanaan uji kompetensi dan sertifikasi P2UPD tahun 2018  yang berlangsung mulai tanggal 29 s.d 31 Oktober 2018 ini diikuti 71 peserta yang berasal dari kabupaten/kota se-Kalsel. Tak itu saja, peserta juga berasal dari  Kabupaten Karanganyar, Kota Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Berau, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Banyumas hingga provinsi Jogjakarta.

Dalam pembukaan uji kompetensi dan sertifikasi P2UPD ini dihadiri langsung Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepemimpinan BPSDMD Kemendagri RI, Dra. Hj. Erliani Budi Lestari, M. Si.

Kepala BPSDMD Provinsi Kalsel Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP dalam sambutannya menyampaikan, para peserta yang mengikuti uji kompetensi hingga dapat dinyatakan kompeten untuk menjadi pejabat fungsional P2UPD.

“Selain itu juga, secara inpassing dapat diangkat dalam jabatan P2UPD serta mendapatkan hak-haknya sebagai P2UPD yang profesional,” kata Nispuani.

Diungkapkan Nispuani, kegiatan uji kompetensi ini merupakan kegiatan kedua Lembaga Sertifikasi Profesi Pemerintahan Dalam Negeri (LSP-PDN) Provinsi Kalimantan Selatan setelah yang pertama pada bulan April 2018 melaksanakan uji kompetensi polisi pamong praja.

“Merupakan suatu kehormatan bahwa LSP-PDN Kalimantan Selatan dipercaya menjadi salah satu LSP yang menjadi tempat uji kompetensi dengan assesor dari Kementerian Dalam Negeri,” ungkap Nispuani.

Pada kesempatan itu, Kepala BPSDMD juga menyampaikan pada tahun 2018 ini selain uji kompetensi 120 orang untuk anggota Satpol PP dan 71 peserta P2UPD, pada bulan Desember mendatang akan melaksanakan uji kompetensi 80 orang jabatan fungsional di lingkungan Kementerian Kehutanan meliputi Pengelola Ekosistem Hutan, Penyuluh dan Polisi Hutanbekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Diketahui pelaksanaan uji kompetensi dilakukan oleh assesor yang berasal dari  Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Dalam Negeri BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri dan LSP-DN BPSDMD Provinsi Kalsel. Uji kompetensi dilakukan dengan sesi pemeriksaan berkas peserta hingga wawancara. (mul)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya