Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

BPSDMD Turut Semarakkan Harjad Pemprov Kalsel ke-68 Tahun 2018

Berita dan Informasi | 10 Agustus 2018

SINOMAN HADRAH - Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor bersama istri Hj. Raudhatul Jannah disambut tarian khas Banjar Sinoman Hadrah di lokasi puncak harjad Pemprov Kalsel ke-68 Tahun 2018 di eks Kantor Gubernur Kalsel, Kamis (9/8), kemarin

BANJARMASIN - Puncak Hari Jadi (Harjad) Provinsi Kalimantan Selatan ke-68 yang diselenggarakan di Eks Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Siring Nol Kilometer Banjarmasin berlangsung semarak pada pada Kamis (9/8), kemarin. Peringatan harjad yang dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor yang dikemas dengan acara pesta rakyat ini mampu menyedot animo warga Kalsel. Tak hanya warga yang berasal dari Banjarmasin, namun juga warga dari kabupaten/kota se-Kalsel juga hadir.

Pada pembukaan pesta rakyat itu, begitu tiba di lokasi acara, gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini bersama istri disambut dengan seni budaya Sinoman Hadrah. Sepanjang perjalanan menuju podium, Paman Birin menyapa warga yang juga berusaha mendekati orang nomor satu di Kalsel. Dengan tema " Begawi Giat, Rakyat Rakat, Banua Selamat", Paman Birin dalam sambutannya mengungkapkan harjad ke-68 Tahun 2018 ini, keberhasilan Pemprov Kalsel tak lepas dari peran semua pejabat Gubernur Kalsel yang pernah memimpin banua. Untuk itulah, sudah menjadi kewajiban untuk kita semua menghormati perjuangan pendahulu.

"Perjuangan pada pendahulu ini harus kita hargai dan hormati. Kita harus berterima kasih kepada para pendahulu kita, hari ini kita ada, karena mereka ada," kata Paman Birin.

Paman birin juga menyampaikan, keberhasilan Pemprov Kalsel yang telah mampu menyabet 40 penghargaan di berbagai bidang dari pemerintah pusat ini masih belum apa-apa dibandingkan dengan perjuangan para pejuang dan pendahulu yang mendirikan provinsi Kalsel menjadi bagian dari NKRI. 

"Penghargaan memang tak seberapa jika dibandingkan saat ini rakyat kita masih ada yang mengalami keterbelakangan, kemiskinan dan kebodohan. Itu yang harus kita selesaikan bersama. Bergotong royong, berat sama dipikul ringan sama dijinjing," pesan Paman Birin.

Dengan kondisi inilah, gubernur berharap semua komponen masyarakat yang ada di Kalsel Bergerak (Berjuang Gelorakan Rakyat) sebagaimana motto yang selalu didengungkan. 

“Tentu harapan ke depan adalah agar Kalsel terbebas dari kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan," ungkap gubernur.

STAND RAKYAT BPSDMD - Menampilkan makanan khas Banjar nasi pundut stand BPSDMD mampu menyedot warga untuk menikmati makanan gratis di pesta rakyat Harjad Pemprov Kalsel ke-68 Tahun 2018.

Dalam acara puncak harjad yang dihadiri juga Wakil Gubernur Kalsel H. Rudy Resnawan, Sekdaprov Kalsel, Ketua DPRD Kalsel beserta jajaran anggota DPRD Kalsel, Bupati dan Walikota se-Kalsel dan Kepala SKPD di lingkup Pemprov Kalsel itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalimantan Selatan turut ambil bagian dengan menyediakan stand khusus pesta rakyat yang menyediakan makanan khas Banjar, nasi pundut.

Selepas pembukaan, Gubernur Kalsel pun menyempatkan melihat stand-stand yang telah disediakan oleh instansi di lingkup Pemprov Kalsel serta dari Kabupaten/Kota yang telah menyediakan aneka macam makanan dan minuman gratis untuk warga yang mengunjungi. BPSDMD pun menyediakan makanan khas Banjar, Nasi Pundut. Tak butuh waktu lama, nasi pundut yang disediakan BPSDMD pun diminati warga yang rela antri untuk mendapatkan.

"Alhamdulilah, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kami BPSDMD Provinsi Kalsel bisa turut serta dalam menyemarakan Harjad Pemprov Kalsel ke-68. Semoga ke depan Kalsel lebih maju dan bergerak untuk Banua sebagaimana slogan tahun ini  Begawi Giat, Rakyat Rakat, Banua Selamat," ungkap Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP, Kepala BPSDMD Provinsi Kalsel. (mul)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya