Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Cegah Narkoba, Seluruh ASN dan Karyawan BPSDMD Kalsel Tes Urine

Berita dan Informasi | 09 November 2021

   

BANJARBARU – Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh tenaga kontrak di lingkungan BPSDMD Provinsi Kalsel melakukan tes urine anti narkoba pada Selasa (9/11).

Dalam tes urine yang dilakukan oleh Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Kalsel bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalsel tampak antusias diikuti ASN dan seluruh karyawan.

Dengan protokol kesehatan yang ketat dan menghindari kerumuman, ASN dan seluruh karyawan secara bergantian mengisi data diri dan kemudian mengambil sampel urine yang diserahkan kepada petugas.

Kepala Labkes Provinsi Kalsel Hj. Susi Hermina mengungkapkan, BPSDMD Provinsi Kalsel ini menjadi salah satu instansi/dinas yang dilakukan uji urine pada tahap II. Dimana, sebelumnya tahap I telah menyasar puluhan instansi/dinas di Pemprov Kalsel.

Tes urine ini sendiri, kata Susi sebagai upaya pencegahan narkoba dari penggunaan obat berbahaya terlarang lainnya.

 

“Sebagaimana instruksi Bapak Presiden yang ditindaklanjuti oleh Gubernur Kalsel, kita diperintahkan Bapak Sekdaprov Kalsel untuk melakukan tes urine di semua SKPD Pemprov Kalsel.  Ya, target 100 persen, baik ASN maupun tenaga kontrak,” kata Hj. Susi Hermina.

Pun sebagai pelaksana pihaknya, Hj. Susi Hermina mengungkapkan, pihaknya tetap melakukan kerjasama dengan BNN Provinsi Kalsel yang mengawal prosesnya dan Dinas Kesehatan Kalsel.

Untuk hasil tes urine sendiri, biasanya tak sampai 15 menit keluar dan hasilnya nantinya dilaporkan ke Sekdaprov Kalsel.

Nah, bila terdapat indikasi ASN atau karyawan dalam penggunaan obat terlarang, akan dilakukan assemen oleh BNN Provinsi Kalsel untuk dilakukan pembinaan

  

Kepala BPSDMD Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP pun menyambut baik tes urine yang dilakukan oleh ASN dan seluruh karyawan. Untuk itu, pihaknya mewajibkan semua untuk mengikuti tes urine dalam upaya pencegahan penggunaan narkoba.

“Kita wajibkan semua ASN dan karyawan untuk tes urine tanpa terkecuali. Semoga pada lingkungan BPSDMD Provinsi Kalsel bersih dari penggunaan narkoba dan obat terlarang lainnya,” kata Nispuani. (mul)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya