Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Kepala LAN RI Buka Rakornas Pengembangan Kompetensi ASN se-Kalimantan 2021

Berita dan Informasi | 15 November 2021

 

BANJARBARU -  Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Dr. Adi Suryanto, M. Si membuka secara langsung Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengembangan Kompetensi ASN se- Kalimantan di BPSDM Provinsi Kalsel pada Senin (15/11).

Rakornas ini dihadiri H. Rifqi Karsayuda, Anggota Komisi II DPR RI, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, pejabat LAN RI dan LAN Samarinda, tampak hadir juga Kepala BPSDM Provinsi se-Kalimantan dan Kepala BKD Provinsi, Kabupaten/Kota se-Kalimantan yang mengikuti melalui zoom meeting.

Sekretaris Utama LAN RI Reni Suzana dalam laporan kegiatan menyampaikan, rakornas bangkom se-kalimantan ini menekankan upaya peningkatan SDM berkualitas sebagai modal utama pembangunan nasional. Salah satunya tentu SDM ASN yang nantinya akan menjadi aktor utama suksesnya pembangunan.

“LAN dan BPSDM untuk selalu mengkoordinasikan kebijakan manfaat bagi pembangunan di Kalimantan. Bak itu smart leader, smart pengembangan kompetensi pejabat, kompetensi fungsional hingga sekolah kader dan corporate university,” kata Reni.

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar pun menaruh harapan yang besar pada kegiatan rakornas membawa hasil yang maksimal untuk pengembangan kompetensi ASN. Sekdaprov pun menekanakan pentingnya profesionalisme ASN di era perubahan teknologi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Pemprov Kalsel sangat serius pengembangan kompetensi ASN dengan kaloborasi dengan LAN untuk meningkatkan kualitas ASN di Kalsel.  Selain peningkatan fasilitas dan sarana yang lebih baik, kami juga mendorong kualitas pengajar widyaiswara,”jelas Roy.

Sementara itu Rifqi Karsayuda, anggota Komisi II DPR RI mengapresiasi LAN RI sebagai mitra kerja yang terus berupaya melakukan pengembangan ASN . Atas apresiasi itulah, Komisi II DPR RI harus punya komitmen politik anggaran kerja-kerja untuk LAN RI.

Salah satunya upaya LAN RI yang akan membangun pusat pengembangan kompetensi di Kalsel harus didukung sepenuhnya oleh Komisi II DPR RI.

“Aset tersebut akan kita tinjau, kita siapkan kantor, asrama, ruang kelas dan sebagainya sebagai ikhtiar kita dalam birokrasi di Indonesia. Kita akan dorong untuk dikerjakan pada 2022, lalu 2023 dan Insya Allah akan selesai pada 2024 mendatang,” ungkap Rifqi.

Pada kesempatan itu pula, Rifqi mengungkapkan saat ini terkait masalah birokrasi di Indonesia berbagai masalah sedang dibahas untuk dalam RUU ASN. Mulai dari pembahasan tenaga honorer sebagai masalah yang klasik, lalu masalah Komisi ASN, kemudian RUU ASN terakit kewenangan pemerintah daerah dan terakhir menyoal inovasi ASN yang di dalamnya ada pasal dan ayat digitalisasi dan inovasi.

Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto, M. Si pada pembukaan itu menyebut, rakornas ini sangat penting dengan semangat baru di era pandemi covid-19. Dengan kondisi inilah, mau tidak mau mendorong lembaga-lembaga pelatihan mengubah cara baru.

“Covid-19 memaksa kita untuk berubah menggunakan metode baru, IT, teknik pembelajaran dan akhirnya kawan-kawan semua sudah terbiasa. Awal-awal covid-19 banyak keluhan menggunakan zoom meeting yang mengubah jadwal dari klasikal. Pun begitu, akhirnya semua terbiasa sehingga bisa melakukan pembelajaran,” kata Adi Suryanto. (mul)

Foto-foto lain kegiatan Rakornas Bangkom se- Kalimantan 2021:

  


Kembali Ke Halaman Sebelumnya