Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Latsar CPNS 2020 Dibuka, Gubernur Berpesan menjadi Aparatur Bermutu

Berita dan Informasi | 09 Januari 2020

TANDA PESERTA - Penyematan tanda peserta Latsar CPNS Golongan II dan CPNS Golongan III yang dilakukan Asisten I Pemprov Kalsel H. Riduan Nurbach didampingi Kepala BPSDMD Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP di Kampus II BPSDMD Jl. Ambulung pada Rabu (8/1)

BANJARBARU – Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun 2020 resmi dibuka di Kampus II BPSDM Jalan Ambulung Banjarbaru pada Rabu (8/1).

Pada pembukaan Latsar CPNS 2020 ini, sebanyak 712 peserta yang terdiri 18 angkatan CPNS yang terdiri dari CPNS Golongan Idan II serta CPNS Golongan III.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dalam sambutan pembukaan yang diwakilkan kepada Asisten I Pemprov Kalsel H. Riduan Nurbach menekankan agar CPNS nantinya menjadi aparatur yang bermutu.

“Melalui diklat ini, saya minta saudara akan tampil sebagai aparatur yang lebih bermutu, mampu merespon dengan cepat setiap perubahan dan tuntutan masyarakat, terutama terkait pelayanan publik,” pesan Gubernur.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga mengingatkan agar aparatur pemerintah di provinsi dan kabupaten/kota se-Kalsel juga memiliki motivasi untuk menciptakan birokrasi yang cepat, apalagi bagi saudara sebagai CPNS baru. Selain itu, kesempatan bagi saudara untuk melebihi mengetahui secara mendalam tentang seluk beluk pemerintahan, tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban serta sikap dan prilaku.

Tak itu saja, para peserta juga diingatkan agar diklat ini diikuti dengan sungguh-sungguh, disiplin, serta memathui aturan yang berlaku dalam penyelenggaraan diklat latsar CPNS ini. Jangan sampai peserta yang ikut diklat latsar CPNS ini ada yang tidak memenuhi syarat kelulusan. Seluruh peserta diklat harus memanfaatkan diklat ini sebagai bekal untuk meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga mengingatkan bahwa banyak orang yang ingin menjadi PNS. Setiap pendaftaran dibuka, puluhan ribu orang mendaftarkan diri menjadi PNS, namun hanya ribuan orang yang diterima.

“Saudara sudah melewati proses seleksi yang ketat, menyisihkan puluhan ribu orang dan memasuki satu tahapan lagi untuk menjadi abdi masyarakat dan abdi negara seutuhnya. Ikutilah tahapan diklat dasar ini sebaik-baiknya, jangan anggap beban atau dianggap formalitas. Karena diklat ini sangat menentukan kelanjutan saudara menjadi PNS,”

Sementara itu, Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial Fungsional H. Ahmad Bagiawan, S. Pd, MM dalam laporan penyelenggaraan kegiatan latsar CPNS menyebutkan, latsar ini dibagi menjadi 18 angkatan yang terdiri Golongan I dan II serta CPNS Golongan III. Pembukaan dilakukan secara serentak, untuk proses pembelajaran terjadwal secara bergantian selama 51 hari kerja atau 511 jam pelajaran dengan penutupan akhir pada 31 Maret 2020.

Adapun jumlah peserta rinciannya Golongan II berasal dari Tanah Bumbu 9 peserta, Tabalong (9), Kota Banjarmasin (62) dan HSS (33). Untuk Golongan III berasal dari Kota Banjarmasin (93), HSS (8), Banjar (155), Kotabaru (185), HST (100), HSU (56). (mul)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya