Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Latsar CPNS Gol.III Angkatan I dan II Resmi Ditutup

Berita dan Informasi | 08 Maret 2020

BANJARBARU – Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan I dan II Tahun 2020 resmi ditutup pada Kamis (5/3).

Bertempat di Kampus II BPSDM Kalsel Jalan Ambulung, sebanyak 80 peserta CPNS yang berasal seluruh kabupaten/kota se-Kalsel dinyatakan lulus dan menjadi syarat untuk diusulkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Gubernur Kalsel H. Sahbiri Noor dalam sambutan penutupan yang dibacakan Ahmad Bagiawan, S. Pd, MM, Kabid Pengembangan Kompentensi Manajerial dan Fungsional BPSDM menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada BPSDM Provinsi Kalsel atas terselenggaranya latsar dan ucapan selamat kepada peserta yang telah lulus sebagai modal awal untuk menjadi abdi negara.

Merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS serta Peraturan LAN Nomor 12 Tahun 2018 tentang Latsar CPNS disebutkan setiap CPNS wajib menunaikan Latsar demi terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan pengangkatan untuk menjadi PNS.

Gubernur menyampaikan, akhir-akhir ini masyarakat sangat kritis terhadap pelayanan publik, ditambah lagi semakin mudahnya akses informasi yang silih berganti, mengharuskan PNS untuk selalu update terhadap perkembangan informasi.

“Berangsur-angsur bergeser pada penggunaan dokumen-dokumen digital atau mengarah kepada elektronik government. Untuk itu, penguasaan teknologi dan informasi menjadi hal utama bagi PNS,” ungkap gubernur.

Gubernur menambahkan, selama ini pelaksanaan latsar sudah diberikan beberapa materi dasar yang harus dipahami sebagai ASN diharapkan pemahaman terkait tugas pokok dan fungsi sdh dikuasai agar pada saat bertugas di masing-masing instansi dapat mengimplementasikan dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Saya mengajak, mari kita bangun dan benahi penyelenggaraan pemerintahan ini secara bertahap dan terukur. Saya yakin, dengan komitmen yang kuat serta optimis, kita mampu membangun birokrasi yang berkualitas,” pesan gubernur.

Pada akhir sambutannya, gubernur juga berharap semoga selama proses diklat yang sudah dijalani ini akan semakin mematangkan kesiapan untuk menjadi pegawai yang baik dan profesional.

Pada penutupan itu, selain dihadiri pejabat BPSDM Kalsel dan widyaiswara, tampak hadir juga perwakilan BKD Kabupaten/Kota se-Kalsel, Latsar CPNS Golongan III Angkatan I dan II ini diselenggaran mulai 08 Januari s.d 5 Maret 2020 yang keseluruhan pelaksanaan di Kampus II BPSDM di Jalan Ambulung Banjarbaru. (mul)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya