Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Pejabat Administrator  Wajib  Kompetensi Kepemimpinan

Berita dan Informasi | 17 Februari 2021

Sambutan Penjabat Gubernur Pembukaan PKA

BANJARBARU – Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2021 secara resmi dibuka di Aula Kampus I BPSDM Jl. Panglima Batur Timur Banjarbaru pada Rabu (17/2).

PKA Angkatan I ini diikuti 40 peserta yang berasal dari pejabat Pemprov Kalsel dan Kabupaten/Kota se-Kalsel. Secara simbolis, pembukaan yang dilakukan di aula tersebut diikuti 12 peserta perwakilan, selebihnya peserta mengikuti secara daring/virtual zoom.

Pada pembukaan itu, Penjabat Gubernur Kalsel Dr. Safrizal, SA, M. Si yang berhalangan hadir menyampaikan sambutan yang diwakili Kepala BPSDM Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP menekankan pentingnya PKA untuk diikuti dengan kesungguhan dan kedisplinan.

PKA ini merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan kualitas sebagai seorang pemimpin, sekaligus memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam jabatan administrator. Sesuai PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, pejabat administrator harus menjamin akuntabilitas jabatannya untuk memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan yang sudah direncanakan dengan baik dan efisien sesuai Standar Operasional Prosedur serta peningkatan kinerja secara berkesinambungan.

Seorang pejabat administrator memiliki kompetensi dalam mengendalikan program dan kegiatan, memiliki kompetensi kepemimpinan taktikal yakni menetapkan program dan memimpin pelaksanaan program secara tertib, terarah dan tepat sasaran.

“Seorang pejabat administrator harus memiliki kompetensi kepemimpinan yang mampu memobilisasi sumber daya yang dimiliki dan memimpin kegiatan-kegiatan operasional untuk mendukung pencapaian outcome dari suatu program yang telah ditetapkan,” ungkap Safrizal.

Disamping itu, seorang pejabat administrator sebagai unsur penting penentu keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan tidak boleh puas dengan kinerja yang telah dicapai. Terus melakukan inovasi dan perubahan sekecil apapun di lingkungan kerjanya.

“Menjadi pemimpin harus memiliki kemampuan manajerial. Terutama dalam mengelola SDM. Kemampuan dalam mengelola SDM, terutama para pejabat pengawas menjadi kunci keberhasilan dalam melaksanakan jabatan administrator. Taat asas dan patuh pada ketentuan perundang-undangan harus selalu dikedepankan,” pesan Penjabat Gubernur Kalsel.

PKA Angkatan I Tahun 2021 ini dimulai sejak Tanggal 17 Februari dan berakhir pada 3 Juni 2021 mendatang. Proses pembelajarannya pun dilakukan melalui zoom meeting. (mul)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya