Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Pembukaan DIklatpim Tk II, Peserta Harus Bisa Membuktikan Diri sebagai Pemimpin Perubahan

Berita dan Informasi | 01 Agustus 2018

Dihadiri Kepala LAN, Gubernur Resmi Membuka Diklatpim Tingkat II Angkatan XIV Tahun 2018 

TARI BAKSA KEMBANG - Pembukaan Diklatpim Tk. II Angkatan XIV Tahun 2018 diawali dengan penampilan budaya tari khas Banjar, Baksa Kambang di Aula BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa 31 Juli 2018.

BANJARBARU – Dihadiri Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalimantan Selatan pada Selasa 31 Juli 2018.

Diikuti sebanyak 60 peserta dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Pejabat Eselon II, red), Kepala LAN RI Dr. Suryanto, M. Si menyebut peserta Diklat sebagai aset nasional pada level PNS. Untuk itu, Kepala LAN  menekakan pentingnya Diklatpim Tk. II ini untuk mampu menciptakan perubahan dalam birokrasi.

“Diklat sekarang ini dilaksanakan bagi peserta untuk membuktikan diri mampu menjadi pemimpin perubahan, menciptakan perubahan dalam birokrasi serta dapat memastikan diri bahwa pada level jabatan pratama ini sanggup memimpin perubahan,” ungkap Adi Suryanto di hadapan seluruh peserta diklat.

Dibeberkan Kepala LAN, untuk mencapai birokrasi yang lebih baik dan sesuai cita-cita pemerintah menjadikan ASN berkelas dunia, tentu harus terus melakukan perubahan-perubahan yang terbaik. Tak itu saja, sudah menjadi kewajiban seorang pemimpin dalam setiap unit bertanggung jawab terhadap ASN yang dipimpinnya serta juga harus melakukan pengembangan ASN menuju kelas dunia. Dr. Adi Suryanto, M.Si menekankan bahwa esensi dari Pelatiihan Kepemimpinan II adalah mewujudkan pemimpin perubahan, yaitu kemampuan melakukan perubahan dan transformasi pelayanan publik menuju layanan prima.

Pada kesempatan itu, Kepala LAN RI juga memuji kesiapan BPSDMD Provinsi Kalsel yang mampu melaksanakan Diklatpim Tk. II Tahun 2018 ini setelah pada 2017 lalu BPSDMD memfasilitasi pula penyelenggaraan Diklatpim Tk II dengan didampingi PKP2A III LAN Samarinda. Apresiasi yang tinggi juga disampaikan kepada peserta yang tak hanya dari Kalsel saja, namun juga Kaltim, Kalteng hingga dari Sulawesi serta instnasi vertikal lainnya seperti dari Kemerinstek Dikti.

PEMIMPIN PERUBAHAN - Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto, M. Si di hadapan Gubernur H. Sahbirin Noor dan peserta serta undangan memberikan motivasi kepada peserta Diklatpim Tingkat II Tahun 2018.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dalam sambutannya terus memberi semangat kepada seluruh peserta. Orang nomor satu di Kalsel ini pun menyakini, dengan semangat yang ditunjukan peserta, dirinya yakin semuanya akan lulus dan selesai mengikuti Diklatpim Tk. II.

“Pelaksanaan Diklatpim Tk. II ini kebanggaan bagi Kalsel. Saya yakin, dengan semangat semua peserta akan selesai mengikuti,” pesan Gubernur. Lebih lanjut Gubernur mengajak para hadirin untuk mawas diri dan mengingat Semangat pengabdian dan dedikasi perjuangan pendahulu Republik Indonesia, yang seyogyanya memberi semangat dan tekad baja untuk melakukan perubahan.

Dalam pembukaan yang dihadiri juga Wakil Walikota Banjarbaru H. Dhamawan Jaya, Kepala Dinas/SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel, Kabupaten/Kota se-Kalsel  itu diawali dengan tari budaya Banjar, Baksa Kambang. Dalam  pelaksanaan Diklatpim Tk. II yang digelar BPSDMD Provinsi Kalsel bekerjasama dengan PKP2A III LAN dilaksanakan mulai 31 Juli s.d 23 Nopember 2018. (mul)

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya