Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Rumuskan Agenda Kediklatan, BPSDMD Lakukan Rakor Penyelenggaraan Diklat Tahun 2020

Berita dan Informasi | 11 Februari 2020

BANJARBARU – BPSDMD Kalsel menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Diklat Tahun 2020 bersama Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan pada Selasa (11/2).

Bertempat di Aula Kampus I BPSDMD Jalan Panglima Batur Timur Banjarbaru, rakor pada umumnya dihadiri oleh semua kepala BKPP atau sebutan lainnya dari kabupaten/kota se- Kalsel.

Kepala BPSDMD Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP mengungkapkan, rakor semcam ini sangatlah penting untuk merumuskan bersama agenda dan rencana-rencana kegiatan kediklatan yang dilaksanakan provinsi bersama kabupaten/kota se-Kalsel.

“Alhamdulilah. Rakor tahun 2020 ini dihadiri oleh semua BKPP Kabupaten/Kota se-Kalsel. Pertama ini sebagai bentuk silaturahmi kami dari BPSDMD Kalsel dengan Bapak/Ibu dari kabupaten/kota selain tentunya untuk persamaan presepsi kedepan tentang pelaksanaan diklat,” ungkap Nispuani.

Pada rakor itu, diawali dengan pemamparan yang disampaikan oleh masing-masing bidang di BPSDMD Provinsi Kalsel terkait agenda pelaksanaan diklat. Baik itu diklat Latsar, Diklat Kepemimpinan Tk. IV dan III, Diklat PKN Tk. II hingga diklat teknis.

Pada sesi dialog pun, aneka ragam uneg-uneg pun disampaikan BKPP Kabupaten/Kota se-Kalsel untuk peningkatan pelaksanaan diklat ke depan.

Diakhir kegiatan, akhirnya dirumuskan beberapa kesepakatan bersama yang tertuang dalam nota kesepakatan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Perlu dilaksanakan Workshop Pelatihan Kepemimpinan Pengawasan (PKP) dan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang diwajibkan Penyelenggaraan PKP dan PKA  memiliki sertifikasi Workshop PKP dan PKA sebelum melaksanakan kegiatan.
  2. Khusus untuk Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II akan dilaksanakan pada 20 April 2020 dan masih ada kuota jumlah peserta.
  3. Perlu diaktifkan lagi peleburan dara simpeg kabupaten/kota ke SIDA Kalibrasi yang ada di BPSDMD Kalsel selanjutnya diteruskan ke LAN RI.
  4. Untuk penjadwalan PKP dan PKA akan segera disampaikan oleh BPSDM Provinsi Kalsel.
  5. BPSDMD  akan mengakomodir usulan agar menambah diklat-diklat teknis struktural seperti barang dan jasa, audtor, anjab/ABK, dan diklat penanggulangan bencana.
  6. Tahun 2020 BPSDMD Kalsel akan konsentrasi terhadap penyelenggaraan latsar CPNS yang pesertanya dari provinsi dan kabupaten/kota hingga tahun 2021.
  7. Agar ada kebersamaan untuk terhadap pembinaan alumni diklatpim untuk mengikuti Seleksi Nasional Pasca Diklatpim (Sinopadik) yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh LAN RI.

"Semoga hasil rakor ini benar-benar bisa menjadi dasar dan panduan kita bersama dalam merencanakan dan menjalankan proses diklat baik yang ada di BPSDM Kalsel maupun di Kabupaten/kota," harap Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP, Kepala BPSDM menutup rakor. (mul) 

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya