Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Sebelum Pembukaan JIK 2019, BPSDM se- Kalimantan Gelar Forum Pelatihan, Pengembangan dan Kewidyaiswa

Berita dan Informasi | 24 Oktober 2019

PALANGKA RAYA - Dalam rangkaian Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) 2019 digelar Forum Pelatihan, Pengembangan dan Kewidyaiswaraan se-Kalimantan yang digelar Seruyan Grand Ballroom, M Bahalap Hotel, Palangka Raya, Selasa (22/10).

Dalam forum tersebut dihadiri langsung Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Muhammad Taufiq, DEA.

Dalam paparan di hadapan pejabat BPSDM se- Kalimantan dan widyaiswara itu, Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Muhammad Taufiq, DEA mengungkapkan problem utama Revolusi Industri 4.0 pada masyarakat adalah adanya keterlambatan beradaptasi karena kecepatan perubahan.

"Oleh sebab itu para street level bureaucrats ini punya peran yang sangat penting bagaimana cara memberikan pelayanan yang bagus, memelihara kohesivitas sosial di tengah perubahan yang cepat tadi dengan memiliki kepekaan terhadap keragaman yang ada," ungkap Taufiq.

Acara yang dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Tengah Drs. Yuel Tanggara ini, menghadirkan juga narasumber Widyaiswara Ahli Madya dari Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Junaedi Purnomo, S.S.T., Ak.,M.M., dan dimoderatori Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan Puslatbang KDOD LAN Dr. Rahmat, MA.
Forum yang terselenggara atas kerjasama LAN dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Tengah ini merupakan rangkaian acara Jambore Inovasi Kalimantan 2019 yang diikuti oleh BPSDM/BKD/BKPP/BKPSDM se-Kalimantan. Rencananya Jambore Inovasi Kalimantan 2019 akan dilaksanakan esok harinya bertempat di Gedung Pertemuan Umum "Tambun Bungai", Palangka Raya.

Pada Forum Pelatihan, Pengembangan dan Kewidyaiswaraan se-Kalimantan itu juga dilakukan tanya jawab dan dialog dengan seluruh peserta dari BPSDM se-Kalimantan dan widyaiswara. 

Pada Forum Pelatihan, Pengembangan dan Kewidyaiswaraan itu, BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan diwakili Kepala Bidang Sertifikasi Kompetensi dan Pengelolaan Kelembagaan Drs. M.Aminuddin, MT, Widyaiswara dan pejabat BPSDMD itu juga menyepakati Kalimantan Timur sebagai tuan rumah Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) 2020 seiring juga sebagai ibukota negara Indonesia. (humas LAN/mul)


Kembali Ke Halaman Sebelumnya