Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Sekda Kalsel Gagas Laboratorium Inovasi

Berita dan Informasi | 16 November 2021

BANJARBARU – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar menggagas Kalimantan Selatan membentuk atau memiliki semacam Laboratorium Inovasi layanan publik.

Hal itu dikemukakan Sekda Prov Kalsel di sela Rakornas Pengembangan Kompetensi se Kalimantan, di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Senin (15/11) pagi.

Menurut Sekdaprov, dengan adanya Laboratorium Inovasi tentunya akan lebih mengembangkan inovasi pelayanan publik di banua.

Dikatakan Roy, pandemi Covid 19 telah mendorong ASN untuk melakukan inovasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat berbasis digital.

Pemprov Kasel sangat serius meningkatkan kompetensi ASN, Pemprov juga berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat melalui Lembaga Administrasi Negara.

Menurut Sekdaprov, Pemprov terus meningkatan sarana dan prasarana serta pengajar untuk menunjang pelatihan ASN. “Di sisi lain, Pemprov Kalsel juga terus meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pengajar dan widyaiswara sehingga program peningkatan SDM dan kompetensi ASN dapat berkelanjutan,” kata Roy.

Kepala LAN RI Adi Suryanto mengatakan tujuan kegiatan Rakornas tersebut dalam rangka membuahkan hasil maksimal dalam pengembangan SDM dan kompetensi ASN guna memberikan dampak positif bagi negara.

Ia juga menyambut baik kesiapan Pemprov Kalsel untuk menjadikan daerah Kalsel sebagai laboratorium inovasi.

“Saya mendukung gagasan dari Bapak Sekda, nanti kita gagas, kita kerjasama, bukan hanya Kalsel, tetapi Kalimantan kita jadikan Laboratorium Inovasi, LAN akan mendampingi bagaimana Inovasi ini bisa tumbuh berkembang,” ucap Adi Suryanto.

Menurut Kepala LAN, inovasi di sektor publik kian tumbuh seperti jamur di Indonesia. Dan ini harus dipelihara, seperti inovasi yang terus menerus berkembang dan kemanfaatan dari inovasi itu sendiri semakin lebih baik dan cepat dalam pelayanan.

Turut hadir Anggota DPR RI M Rifqinzamy Karsyuda, Kepala BKD dan BPSDMD se Kalimantan. (Ary/syh/sumber jejakbanua.com)

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya