Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Sekdaprov Tutup Diklatpim Tk. III Angkatan IX Tahun 2018

Berita dan Informasi | 04 Juni 2018

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan H. Abdul Haris, M. Si secara resmi menutup Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III Angkatan IX Tahun 2018 di Aula BPSDM Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (2/6) kemarin. Penutupan dihadiri Kepala BPSDMD Provinsi Kalsel Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP, Ketua Ikatan Widyaiswara BPSDMD Kalsel Dr. H. Suyanto, Widyaiswara BPSDMD, pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan BPSDMD serta Kabupaten/Kota se-Kalsel. 

Diikuti oleh 40 orang peserta dari provinsi, kabupaten/kota se-Kalsel, Sekda yang menyampaikan sambutan dari Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor mengingatkan keberhasilan menyelesaikan Diklatpim Tk. III ini memberikan nilai tambah untuk melaksanakan tugas jabatan administrator. 

"Saya berharap, Saudara sekalian terlahir sebagai pemimpin perubahan yang sejati mampu menjadi panutan, teladan dan contoh kepemimpinan yang baik di lingkungan kerja saudara-saudara. Sebab, bagaimana pun juga seorang pejabat administrator memiliki peran strategis dalam mencapai visi dan misi pembangunan," ungkap Gubernur.

Gubernur dalam sambutannya juga menekankan, pejabat administrator jangan sampai sekedar pejabat pemaraf surat dan nota dinas. Pejabat harus mencermati dan teliti setiap usulan, rencana dan pelaksanaan kegiatan dari para pejabat pejabat pengawas. Tak itu saja, visi dan misi lembaga juga jangan sampai tidak diketahui, karena visi dan misi lembaga itulah yang menjadi jembatan untuk mencapai visi dan misi pembangunan di provinsi, maupun kabupaten/kota.

"Ingatlah, dipercaya menduduki suatu jabatan seperti jabatan administrator adalah prestasi. Namun di sisi lain, kepercayaan itu harus dibuktikan dengan kinerja yang baik, secara kemampuan mengelola organisasi secara efektif dan efisien. Teruslah belajar dan menggali pengetahuan," pesan Gubernur.

Gubernur kepada alumni Diklapim Tk. III mengingatkan agar kompetensi semakin ditingkatkan sehingga mampu melakukan perubahan untuk kinerja yang lebih baik di lingkungan kerja masing-masing . Setidaknya pola dan mekanisme kerja tertata, hasil kerja kualitasnya lebih baik dan disiplin makin tinggi.

"Saudara diharapkan mampu menjadi teladan bagi lingkungan kerja dan melakukan perubahan yang positif. Baik berkaitan pola pikir, sikap maupun prilaku sehingga tumbuh semangat berpemerintahan yang baik  dan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada rakyat," harap Gubernur.

Pada kesempatan penutupan Diklatpim Tk. III itu, Sekdaprov juga mengingkatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten/kota se-Kalsel agar bersikap netral pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 dan menjelang pemilu 2019. Di samping itu juga, Sekda menekakan agar ASN bersikap hati-hati dalam menerima informasi melalui media sosial. Dikuatirkan, informasi yang diterima dan disebarkan adalah informasi bohong/hoax. (*)

Berikut Daftar 5 (lima) Besar Diklatpim TK. III Angkatan IX Tahun 2018

1. Julian Triadana, S. IP., M. Sos (Implementasi Proyek Perubahan : Program Pengelolaan Pengaduan Masyarakat melalui Ruang Aspirasi Masyarakat Tanah Bumbu (Ramas Tanbu) Berbasis Elektronik pada Bidang Pengelolaan dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu)

2. Adi Kesumawijaya, S. Sos (Implementasi Proyek Perubahan : Perlindungan Sosial bagi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Terlantar melalui Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLTR) pada Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Banjar)

3. Hj. Ellina Hardiati, SP., MP (Implementasi Proyek Perubahan : SINTA MORA / Sistem Informasi Data Komoditi Hortikultura dengan Digitalisasi Berbasis Geographic Information System (GIS) pada Bidang Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan).

4. Ir. H. Khairuddin (Implementasi Proyek Perubahan : Program Percepatan Proses Standardisasi Mutu Hasil Perikanan melalui Pelayanan Pengujian dan Penerapan Mutu Berbasis Aplikasi e-Mutu Hasil Perikanan (EMUTU SILKAN) pada Balai Penerapan Mutu Hasil Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan.

5. Dr. H. Badrus ( Implementasi Proyek Perubahan : Program Peningkatan Ponek/ Pelayanan Obstetri Neonatal Komprehensif yang Berkualitas di RSUD Pambalah Batung Kabupaten Hulu Sungai Utara)

(Mul)

 

 

 

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya