Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Tingkatkan Wawasan dan Pengetahuan, Pejabat Eselon II Pemprov Kalsel Ikuti Pelatihan SPIP

Berita dan Informasi | 10 Desember 2018

PELATIHAN SPIP - Seluruh peserta pejabat Eselon II Pemprov Kalsel berfoto bersama dengan Sekdaprov Kalsel Drs. H. Abdul Haris, M. Si pada Pelatihan SPIP yang digelar di Hotel Akmani Jakarta, 7-8 Desember 2018.

JAKARTA – Meningkatan wawasan dan pengetahuan, seluruh pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi  Kalsel mengikuti Pelatihan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang dilaksanakan BPSDMD Provinsi Kalsel di Hotel Akmani Jakarta pada Jumat-Sabtu, 7 – 8 Desember 2018.

Pada Pelatihan SPIP yang dibuka Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Drs. Abdul Haris, M. Si mewakili Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor itu, selain dihadiri seluruh pejabat Eselon II, namun juga narasumber dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Widyaiswara BPSDMD Provinsi Kalsel.

Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Sekdaprov menyampaikan bahwa sat ini upaya mencapai pemerintah yang baik dan akuntabel sudah menjadi komitmen Pmeprov Kalsel sebagaimana misi kedua RPJMD Kalsel 2016-2012 yaitu mewujudkan pemerintahan yang profesional dan berorientasi pada pelayanan publik. Untuk itu, SPIP harus dilaksnaakan secara bersungguh-sungguh dan berjenjang, mulai Pejabat Eselon II, III dan Pejabat Eselon IV.

“Saya minta semua instansi mampu menerapkan SPIP sesuai koridor yang berlaku, menertibkan dan memperbaiki semua aspek yang menjadi tugas dan tanggung jawab organisasi, sehingga dapat meningkatkan kinerja pemerintah daerah,” pesan Gubernur.

Gubernur juga mengingatkan agar diklat SPIP mampu meningkatkan wawasan dan pemahaman pelaksanaan SPIP dari berbagai segi dan deminsi. Selain itu juga, melalui kegiatan SPIP dapat menggali dan mendalami penerapanan SPIP dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi pemerintah yang perlu perhatian. Mulai dari perencanaan, pengelolaan kepegawaian, pengelolaan keuangan, pengadaan barang dan jasa serta kegiatan pengawasan.

“Sesungguhnya apapu posisi kita, dalam sistem pengendalian intern pemerintah, tentu menadi kewajiban kita bersama memastikan SPIP itu bisa berfungsi secara ideal dengan tujuan pemerintah akan terlaksana dengan efektif dan efisien, akuntabel dan menghidari negara dari kerugian,” pesan gubernur.

Diakhir sambutannya, gubernur berharap dengan penerapan SPIP secara ideal, baik dan benar maka citra intansi pemerintah akan semakin positif.  Selain itu juga, dengan SPIP pencapaian tujuan pemerintahan akan efektif dan efisien menampilkan laporan keuangan yang andal serta menghindarkan kerugian negara.

Sementara itu, Sekdaprov juga berharap kepada para peserta Pelatihan SPIP Pejabat Eselon II ini setelah mengikuti dan banyak hal yang didapat, baik itu pengetahuan, pemahaman tentu diharapkan dapat dilaksanakan dan di aplikasikan dalam tata kelola pemerintah.

Diketahui saja, Pelatihan SPIP Pejabat Eselon II yang dilaksanakan BPSDMD Provinsi Kalsel ini adalah bagian dalam semua kegiatan Diklat SPIP. Sebelumnya,  BPSDMD Provinsi Kalsel juga sudah melaksanakan Diklat SPIP Pejabat Eselon III dan Diklat SPIP Pejabat Eselon IV.

“Alhamdulilah, Tahun 2018 ini BPSDMD Provinsi Kalsel mampu melaksanakan semua rangkaian Diklat SPIP, baik untuk pejabat eselon III dan eselon IV dan terakhir pelatihan SPIP Pejabat Eselon II ini berjalan dengan baik dan lancar,” ungkap Kepala BPSDMD Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP didampingi Kabid Pengembangan Kompetensi Teknis Drs. H. AM. Robeniansyah, M. Si. (mul)

Berikut foto-foto lain kegiatan Pelatihan SPIP : 

Sekdaprov Kalsel Drs. H. Abdul Haris, M. Si, Kepala BPSDMD Prov. Kalsel Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP didampingi Kabid Pengembangan Kompetensi Teknis BPSDMD Drs. H. AM. Robeniansyah, M. Si bersama narasumber Pelatihan SPIP disela-sela pembukaan.

 

Panitia Pelatihan SPIP Pejabat Eselon II Pemprov Kalsel berfoto bersama dengan Kepala BPSDMD Provinsi Kalsel dan Sekretaris BPSDMD Provinsi Kalsel. 

 

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya