Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Workshop Champion Innovation 2018

Berita dan Informasi | 25 Juni 2018

MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA - Suasana pembukaan Workshop Champion Innovation yang dihadiri oleh Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) III LAN Samarinda DR. Mariman Darto, SE., M. Si (tengah), Kepala BPSDMD Provinsi Kalsel Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP (sebelah kiri) dan DR. H. Suyanto, Ketua Ikatan Widyaiswara Indonesia Prov. Kalimantan Selatan (sebelah kanan). 

BANJARBARU - Dalam rangka mengakselerasi inovasi administrasi negara di lingkungan pemerintah daerah, melalui program prioritas nasnioal 2018, Workshop Champion Innovation 2018 Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI resmi dibuka di Kalimantan Selatan, Senin (25/6).

Workshop Champion Innovation 2018  diikuti sebanyak 40 orang peserta dari JPT, pengawas, administrator dan widyaiswara di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel, Kabupaten/Kota se-Kalsel serta dari Kabupaten Kotawaringin Timur Kalteng, dibuka oleh Kepala BPSDMD Provinsi Kalsel, Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP.

Dalam pembukaan di Aula BPSDMD Kalsel ini, turut hadir Ketua Ikatan Widyaiswara Indonesia Prov. Kalsel DR. Suyanto, pejabat PKP2A III LAN Samarinda serta pejabat di lingkungan BPSDMD Kalsel.

Kepala PKP2A III LAN Samarinda, DR. Mariman Darto, SE., M. Si dalam sambutannya mengungkapkan, sejauh ini LAN RI telah banyak melakukan inovasi perubahan. Termasuk salah satunya kebijakan diklat pola baru yang telah menghasilkan 60 ribuan inovasi. Dari jumlah ini, ada sekitar 7.900 yang masuk laboratorium inovasi, bahkan ada juga yang berlanjut hingga ikut perlombaan pada inovasi tingkat dunia.

Menyadari potensi itulah, Kalimantan Selatan mendapat kehormatan dan kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Workshop Champion Inovation Tahun 2018.

“Sesuai tagline kita, Borneo Hari Ini dan Masa Depan Kita, Inovasi adalah terobosan sangat penting.  Hari ini workshop dilakukan LAN tidak main-main di Kalsel. Bapak Gubernur Kalsel menaruh apresiasi yang besar terhadap inovasi. Menata masa depan, tetap semangat dan terus bergerak,” ungkap Mariman Darto di hadapan peserta Workshop Champion Innovation 2018.

Mariman mengungkapkan, workshop ini yang diperuntukkan untuk kader penggerak inovasi, dibentuk untuk memfasilitasi sebuah kegiatan unggulan di bidang inovasi yang disebut laboratorium inovasi. Di mana laboratorium inovasi merupakan program fasilitasi inovasi yang akan membimbing setiap SKPD di pemerintahan kabupaten/kota untuk menghasilkan dan menjalankan setidaknya satu inovasi adminitsrasi negara yang berkualitas.

“Untuk Kalimantan, terdapat 2 (dua) laboratorium inovasi. Yakni, di Tanah Bumbu Kalsel dan Kotawaringin Timur Kalteng. Di Kalsel ada 196 desain inovasi yang siap dan Kalteng setelah dilakukan rancang bangunan ada 296 ide inovasi. Ini sangat membanggakan,” kata Mariman.

KADER PENGGERAK INOVASI - Foto bersama  peserta Workshop Champion Innovation 2018 sesaat setelah pembukaan. Workshop dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai Senin s.d Rabu (25 s.d 27 Juni 2018) di BPSDMD Provinsi Kalsel. 

Kepala BPSDMD Drs. H. Muhammad Nispuani, M. AP  mengungkapkan, penyelenggaraan Workshop Champion Innovation 2018 merupakan kepercayaan LAN RI terhadap Kalsel, khususnya BPSDMD.

“Ini kepercayaan besar bagi kita yang diberikan LAN RI. Ke depan, pengembangan pendidikan dimulai  dengan secara bertahap menyiapkan sarana dan prasarana. Bahkan, kampus II BPSDMD yang ada di Jalan Ambulung pun siap untuk menampung penyelenggaran pendidikan D-III dan bahkan S-3,” papar Nispuani.

Untuk itu, Nispuani berharap besar kepada peserta workshop berharap mampu memanfaatkan ilmu yang didapat dan dengan tekad yang benar-benar untuk terus bisa menjadi kader penggerak inovasi di Kalsel.

“Semua peserta ini adalah orang-orang terpilih. Semoga benar-benar bisa dimanfaatkan workshop ini untuk mengembangan inovasi,” kata Nispuani.

Workshop Champion Innovation 2018 ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 25 s.d 27 Juni 2018 di Kampus I BPSDMD Provinsi Kalsel dengan tenaga pelatihan workshop adalah narasumber, penceramah, dan fasilitator dari Lembaga Administrasi Negara. (mul)

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya